Friday, February 09, 2007

Semangat Untuk Terus Berusaha dan Pantang Menyerah

Sudah menjadi hal yang biasa kalau kita menjumpai pengamen ketika berada di bis. Tetapi 2 hari lalu, ada seorang pengamen yang sangat berbeda dari pengamen kebanyakan. Tadinya aku mengira dia pengamen seperti yang lainnya dan aku hanya sesekali mendengarkan lagu yang ia lantunkan. Aku terkejut ketika ia mulai berjalan untuk mengumpulkan uang pemberian dari penumpang bis. Yang membuatku terkejut adalah, ternyata pengamen itu buta. Ia berjalan perlahan-lahan menggunakan tongkatnya di tengah kepenatan bis kota. Dan tidak sedikit orang mengalami keterkejutan yang sama denganku. Sebagian dari mereka yang tidak berniat memberikan sedikit uangnya, tiba-tiba langsung merogoh kantong untuk memberikan sedikit sumbangan setelah menyadari bahwa pengamen itu buta. Dan aku pun melakukan hal yang sama.
Saat itu juga aku langsung berpikir, betapa besar tekad pengamen itu untuk bertahan hidup di tengah kehidupan Jakarta yang sangat berat. Aku sangat salut dengan usahanya untuk mengamen dari satu bis kota ke bis kota yang lain. Bayangkan saja, betapa sesaknya bis kota di saat-saat jam pulang kerja.
Aku jadi berpikir bahwa kita sebagai manusia yang tidak memiliki kekurangan apapun (tidak cacat) harus lebih tegar dari pengamen itu. Kita harus selalu berusaha sesulit apapun masalah yang kita hadapi. Karena mereka yang memiliki kekurangan fisik pun bisa berusaha dengan semampu mereka, kenapa kita tidak bisa ?. Sungguh sangat disayangkan tindakan orang-orang yang tidak mau berusaha dan putus asa lalu mengambil jalan pintas dengan menghabisi diri mereka sendiri, alias bunuh diri.
Setelah kejadian hari itu, aku jadi semakin tertantang untuk menyelesaikan semua pekerjaanku yang menggunung. Aku tidak boleh berhenti berusaha apalagi berputus asa. Karena aku yakin Tuhan pasti akan membantu.

Semangat !!!!!!!

1 comments:

Muhammad Reza said...

wew, cerita yang cukup membuat merinding, selama keyakinan masih menyelimuti diri kita, kita akan bisa melakukan segalanya.
nice story..

but ada yang aneh dibagian:
"Dan aku pun melakukan hal yang sama." kesannya gimanaaa gitu :p