Monday, October 01, 2007

Biar ngga jadi deadliner ?

Susah juga kalau pengen berubah biar ga deadliner, karena harus bener-bener dari keinginan sendiri, soalnya bisa dibilang kebiasaan. Mungkin cara dibawah ini bisa membantu...
Pertama, buat daftar prioritas. Tulis semua kerjaan atau tugas yang ada, lalu tulis kapan deadlinenya. Yang deadlinenya paling deket dijadiin prioritas utama.
Kedua, tempel daftar yang udah dibuat ditempat yang mudah diliat biar inget terus.
Ketiga, disiplin. Ini yang paling penting, walaupun udah bikin daftar prioritas tapi ga disiplin sama aja. Disiplin di sini maksudnya, kalau ada tugas yang deadlinenya masih seminggu lagi atau lebih jangan males-malesan. Jangan suka menunda-nunda seperti, "besok aja deh kan masih lama". Semakin ditunda semakin banyak tugas yang menumpuk. Atau karena merasa tugasnya mudah jadi males ngerjainnya, karena bisa dikerjain dalam beberapa jam aja. Ini bisa menghancurkan prioritas yang udah dibikin. Alhasil harus lembur sampe ga tidur semaleman buat ngerjainnya. Bisa-bisa nanti malah sakit.
Tapi seperti yang dibilang di awal, semua tergantung orangnya. Kalau memang bersungguh-sungguh pasti bisa. Sebenernya, kalau tugas atau kerjaan udah selesai jauh-jauh hari dari tanggal deadline, perasaan akan lebih tenang dan ga kaget-kagetan ketika mendengar kalimat, "ada tugas lagi".
Ini hanya pendapat saya aja. Saya sudah mencoba menerapkannya dan ternyata lumayan berhasil. Tapi karena kurang disiplin jadinya tugas saya berantakan. Dan sekarang baru menerapkannya lagi.
SeLaMat MenCobA...

0 comments: