Tuesday, April 08, 2008

Hal-Hal Kecil

Terkadang kita menganggap remeh hal kecil. Kita merasa hal tersebut tidak berpengaruh, tidak penting, tidak ada gunanya, dan sebagainya. Tetapi bagi orang lain hal tersebut belum tentu kecil, mereka bisa saja menganggapnya sebagai hal yang besar dan sangat penting untuknya. Memang jika hal-hal kecil tersebut dibiarkan begitu saja dapat menumpuk dan dapat mengakibatkan sesuatu yang besar (akibat dari akumulasi yang kecil-kecil tadi). Sebagai contoh kita membuang bungkus permen sembarangan. Memang bungkus permen kecil dan kita berpikiran," ah, itu kan kecil gapapa lah". Memang itu kecil, bagaimana jika semua orang berpikiran seperti itu. Apa yang terjadi? Bungkus permen yang kecil itu akan menumpuk. Nah, kalau sudah begitu banjir pun datang di musim penghujan. Inilah salah satu contoh hal kecil berakibat besar.
Terkadang hanya karena permasalahan kecil bisa terjadi pertumpahan darah (ekstrim banget ya..). Contohnya, tawuran antar pelajar. Apa sih penyebab tawuran tersebut? Biasanya hanya karena saling ledek dan saling ejek ketika bercanda. Yang dilidek merasa tersinggung, sedangkan yang meledek merasa itu adalah hal biasa yang tidak usah di besar-besarkan. Akhirnya cerita ke temen-temennya, mulai deh istilah solidaritas keluar. Solidaritas dalam hal yang tidak benar.
Jadi, dapat disimpulkan agar tidak menyepelekan hal sekecil apapun. Karena kita tidak tahu apa yang dapat ditimbulkan hal kecil tersebut.

1 comments:

Indra EHM said...

hal yang paling aku tidak suka adalah ketika seseorang menyepelekan "waktu".. sesuatu yang seharusnya bisa di lakukan secara cepat, selalu "dilama-lamakan"..

waktu tidak akan pernah kembali dan tidak akan bisa dibeli dengan harga apapun..

NB : numpang lewat ya mbak ^^