Friday, July 18, 2008

IE Antivirus

Hari ini aku dipusingin sama yang namanya IE Antivirus. Awalnya komputer tidak ada masalah sama sekali, sampai aku punya ide untuk mencari keygen atau crack SPSS 16.0. Karena dapat pinjaman CD SPSS tapi tidak ada licence-nya, yang dikasih hanya serial number saja. Sebenernya ini software asli bukan bajakan, hanya saja karena licence-nya belum dipakai oleh orang yang bersangkutan makanya dia tidak kasih licence-nya. Alhasil, SPSS nya tidak bisa dipakai. Lalu muncul ide untuk mencari keygen-nya di internet terus di-generate sendiri deh licence-nya. Apa yang di dapat adalah keygen tidak dapat dan komputer terinfeksi IE Antivirus.
Memang kalau mengunjungi situs yang berhubungan dengan crack dan keygen itu tidak aman. Setelah mencari-cari akhirnya ada satu keygen yang di-download, tapi ketika dijalankan tidak bisa. Karena sudah lelah mencari maka pencarian dihentikan dan melanjutkan pekerjaan. Ketika akses dokumen seperti buka dan edit tidak ada masalah. Ketika mengakses folder yang di-share di jaringan tiba-tiba muncul window “Critical Error” yang memberitahu bahwa Windows XP corrupt dan kita disarankan untuk mengunduh IE Antivirus. Jika kita tekan “Yes”, file ie-av.exe akan segera diunduh. Jika pilihan “No” yang dipilih, browser akan segera terbuka dan mengunjungi situs palsu yang menyediakan jasa scan secara online (nama situnya lupa). Tampilan situs itu sama seperti tampilan explorer disertai window warning yang menyatakan bahwa komputer menjadi lambat karena terkena malware dan ada tombol repair berkedip-kedip. Jika tombol tersebut ditekan tidak terjadi reaksi apapun.
Pertama kali pesan tersebut muncul aku sudah curiga ini pasti karena akses situs crack dan keygen tadi dan ini hanya terjadi jika akses jaringan (sebab pertama kali akses file-file yang ada di jaringan). Tapi ternyata tidak. Ini terjadi setiap kali kita mengakses explorer. Dan ini sungguh menyebalkan. Aku langsung install Spyware Terminator, terus aku scan. Ada 5 temuan namun setelah di remove pesan Critical Error masih muncul (pada saat itu aku lupa update sih :P). Akhirnya googling untuk mencari informasi mengenai IE Antivirus. Ternyata ini adalah sebuah malware dan sudah menyerang lumayan banyak orang. Dia menyamarkan dirinya sebagai sebuah antivirus, sebenernya justru dia yang harus dimusnahkan :D. Ada yang merekomendasikan untuk menggunakan Malwarebyte's. Berdasarkan pengalaman orang tersebut software ini sangat ampuh untuk membasmi IE Antivirus dengan sekali scan. Tanpa pikir panjang aku langsung download dan install. Ketika pertama kali dijalankan dia langsung update lalu dengan segera aku tekan tombol scan. Setelah proses scan berakhir, ditemukan 16 file yang terinfeksi. Setelah di remove komputer kembali normal (ternyata bener-bener ampuh). Aku lega sekali dan dapat melanjutkan pekerjaan dengan tenang.
Malwarebyte’s dapat diunduh di sini (jangan lupa diupdate ya…).

4 comments:

Anonymous said...

thanks infonya berguna bgt bwt gw ...

Anonymous said...

Makasih ya mas tas postinganya ....^_^

Anonymous said...

Aduh, Hatur Nuhun Pisan euy..emg bnr2 keyen deh nih info, bkn cm info tp ada download an nya juga euyy..Ajib dah..TOP deuh..

emang dasar tuh si virus IE, gw jg kena pas nyari crack..tp berkat Malwarebytes's smua rebes..

buat yg buat tuh virus, smg gak bisa kentut seumur idup..

setuju gak Man??..

_IJA_

Anonymous said...

tengkyu.......